SM – TP (Seleksi Mandiri Tes Poltekba)

Seleksi Mandiri Tes POLTEKBA (SM-TP) merupakan salah satu jalur penerimaan mahasiswa baru Politeknik Negeri Balikpapan melalui mekanisme seleksi mandiri melalui Tes Akdemik. Jalur ini terbuka bagi calon peserta lulusan tahun 2023, 2024, dan 2025 dari pendidikan menengah (SMA/MA/SMK dan sederajat), serta lulusan Paket C tahun 2023, 2024, dan 2025 dengan umur maksimal 25 tahun (per 1 Juli 2025). Keikutsertaan dalam Tes Akademik ini merupakan syarat utama untuk mengikuti Seleksi Mandiri Tes Poltekba (SM-TP) dan diselenggarakan secara mandiri melalui mekanisme pendaftaran online. Pola seleksi dilakukan untuk mendapatkan calon mahasiswa yang berkualitas secara akademik dengan menggunakan seleksi penilaian hasil Tes Akdemik dan seleksi wawancara calon peserta lulusan SMA/SMK/MA/Sederajat. Seleksi dilaksanakan secara objektif dan adil dengan menggunakan rambu-rambu kriteria seleksi nasional dan kriteria yang ditetapkan oleh Politeknik Negeri Balikpapan.

Jadwal Seleksi Mandiri Tes Poltekba (SM-TP)

*) Jika ada hasil tes kesehatan dan tes wawancara yang tidak sesuai maka calon mahasiswa dinyatakan gugur/tidak lulus
*) Seleksi Mandiri SM-TP Gel 2 di buka jika Seleksi Mandiri SM-TP Gel 1 belum terpenuhi kuotanya

Berikut ini merupakan persyaratan peserta pendaftaran, antara lain:
1) Memiliki Akun SM-TP.
2) Warga Negara Indonesia (WNI) yang memiliki Nomor Induk Kependudukan (NIK).
3) Siswa SMA/MA/SMK/sederajat calon lulusan tahun 2025 harus memiliki Surat Keterangan Siswa SMA/MA/SMK Kelas 12 atau peserta didik Paket C tahun 2025 dengan umur maksimal 25 tahun (per 1 Juli 2025). Catatan: Surat Keterangan Siswa Kelas 12 disertai dengan:
• foto terbaru (berwarna);
• stempel/cap sekolah;
• tanda tangan Kepala Sekolah
4) Siswa lulusan SMA/MA/SMK/sederajat tahun 2023 dan 2024 atau lulusan Paket C tahun 2023 dan 2024 harus memiliki ijazah dengan umur maksimal 25 tahun (per 1 Juli 2025). Bagi lulusan SMA sederajat dari luar negeri harus memiliki ijazah yang sudah disetarakan.
5) Peserta yang tidak lulus jalur SM-PP 2025 dapat mendaftar pada jalur SM-TP 2025.
6) Memiliki kesehatan yang memadai sehingga tidak mengganggu kelancaran proses studi.

1. Siswa SMA/SMK/MA/MAK/bentuk lain yang sederajat lulusan Tahun Pelajaran 2023, 2024, dan 2025;
2. Lulusan Paket C Tahun 2023, 2024, 2025 dengan umur maksimal 25 Tahun (per 1 Juli 2025)/ Surat Keterangan Duduk di Kelas XII yang disahkan bagi lulusan Tahun 2025;
3. Peserta SM-TP hanya diperbolehkan mengikuti Tes Akdemik sebanyak satu kali;
4. Hasil Tes Akdemik hanya untuk mendaftar pendaftaran SM-TP 2025;
5. SM-TP 2025 dilakukan berdasarkan hasil Tes Akdemik dan dapat ditambah dengan kriteria lain sesuai dengan ketentuan Politeknik Negeri Balikpapan;
6. Peserta yang tidak lulus jalur SM-PP 2025 dapat mendaftar pada jalur SM-TP 2025;
7. Setiap siswa diperbolehkan memilih 4 (tiga) program studi dengan urutan pilihan menentukan prioritas program studi pilihan;

  • Pendaftar menyelesaikan proses pendaftaran online;
  • Peserta mengikuti Tes Akdemik;
  • Peserta wajib mengikuti tes Wawancara; dan
  • Peserta yang dinyatakan lulus Tes Akdemik dan Wawancara wajib melakukan registrasi daftar ulang.

Tata Cara Pendaftaran Jalur SMTP :

1. Siswa melakukan Registrasi dengan melakukan pembayaran Pendaftaran Transfer ke Rek Bank BRI No. Rek 0121.01.002270.30.4 A/n BPN 047 Politeknik Negeri Balikpapan
2. Siswa melakukan Registrasi Akun pada laman https://siao.poltekba.ac.id/pmb kemudian silahkan memilih jalur Penerimaan dan mengisi data-data yang diperlukan;
3. Peserta akan mendapatkan PIN untuk melakukan pengisian biodata lengkap secara online melalui email yang sudah di daftarkan pada laman paling lambat 1x24 jam di jam kerja;
4. Jika ada calon mahasiswa melakukan pembayaran pndftrn di hari jumat maka akan proses PIN maksimal sampai hari senin jam 15.00 wita.
5. Setelah peserta mendapatkan PIN, silahkan peserta membuka laman https://siao.poltekba.ac.id/pmb/ kemudian masukan PIN peserta dan silahkan Login dan mengisi seluruh biodata dan data-data lainya pada laman tersebut;
6. Setelah mengisi biodata dan data telah tersimpan silahkan cetak kartu peserta dan form biodata peserta;
7. Setiap Peserta diperbolehkan memilih maksimal 4 (empat) program studi :

  • Biaya Pendaftaran Rp 200.000
  • Tes Kesehatan, Hepatitis, Narkoba, Buta Warna, Fisik (cacat tubuh, tindik, tato) Rp. 250.000,- (dibayar tunai pada saat Tes)

Calon mahasiswa yang dinyatakan lulus dan diterima sebagai mahasiswa Politeknik Negeri Balikpapan wajib menyerahkan bukti pendaftaran dan persyaratan yang telah ditentukan dengan menggunakan MAP BERWARNA MERAH, untuk calon mahasiswa dari luar kota Balikpapan bisa mengirimkan
berkas melalui pos (Cap Pos Maksimal 1 Minggu Setelah Finalisasi data peserta). Siswa SMA/SMK/MA/MAK yang dinyatakan lulus Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru Politeknik Negeri Balikpapan harus mendaftar ulang. Tata Cara Pendaftaran Ulang ditentukan sebagai berikut:
1. Melakukan pembayaran (UKT, Jas & Topi almamater dan Perlengkapan Probinmaba) melalui BRI Virtual Account (BRIVA) dengan Kode Briva 10234 + NISN Calon Mahasiswa).
2. Untuk Jalur UMM pembayaran Sumbangan Pengembangan Institusi (SPI) Transfer ke Rek Bank BRI No. Rek 0121.01.002270.30.4 A/n BPN 047 Politeknik Negeri Balikpapan.
3. Membayar Biaya Seragam Praktek, Asuransi dan Kartu Mahasiswa dibayarkan langsung secara TUNAI bertempat di Unit Layanan Terpadu (ULT) Poltekba.
4. Melakukan Pengisian daftar ulang Online http://siao.poltekba.ac.id/daftar_ulang;
5. Cetak Pengisian daftar ulang Online (KTM Sementara & Biodata) minimal 2 lembar;
6. Wajib menyerahkan hasil cetak pengisian daftar ulang Online (KTM Sementara & Biodata) ke Panitia SPMB disertai lampiran sebagai berikut :
a. Bukti pendaftaran SNBP, SNBT bagi pendaftar di jalur seleksi SNBP dan SNBT, Kartu Tanda Peserta bagi pendaftar di jalur seleksi UMM (Asli);
b. Fotokopi Ijazah dan Transkrip nilai yang telah dilegalisir bagi siswa SMA/SMK/MA/MAK/Paket C untuk tahun Kelulusan 2023 dan 2024, sedangkan untuk
tahun kelulusan 2025 apabila belum ada ijazah dan transkrip nilai untuk sementara yang diserahkan Surat Keterangan Lulus yang telah dilegalisir Jalur Seleksi;
c. Bagi pendaftar jalur SNBP melampirkan fotokopi rapor semester 1 (satu) s.d. 5 (lima) yang dilegalisir oleh Kepala Sekolah;
d. Pas photo terbaru terbaru (berwarna) 4x6 cm 2 lembar (form download https://pmb.poltekba.ac.id/unduhan);
e. Surat pernyataan kesediaan dan kesanggupan membayar Biaya Pendidikan bermaterai:
- FRM.SPMB.08.02.0 : Bidang Rekayasa;
- FRM.SPMB.08.02.0.1 : Bidang Tata Niaga;
f. Rekapitulasi Prestasi Non Akademik (https://pmb.poltekba.ac.id/unduhan);
g. Fotokopi sertifikat/piagam di bidang non akademik yang disahkan (legalisir) oleh sekolah (berlaku 3 tahun terakhir) dan menunjukan sertifikat/piagam asli pada saat melakukan pendaftaran (jika ada);
h. Bagi yang memiliki sertifikat/piagam di bidang non akademik (butir f) yang namanya tidak tertera pada sertifikat/piagam dimaksud, wajib melampirkan Surat keterangan yang dikeluarkan oleh Sekolah/pihak penyelenggara kegiatan;
i. Fotokopi Kartu Keluarga, Foto Kopi KTP (Data di KTP harus sama dengan data di Kartu Keluarga);
j. Fotokopi Kartu BPJS atau Kartu Jaminan Kesehatan / Asuransi Kesehatan Lainnya (jika ada);
k. Surat perjanjian Mahasiswa (form download https://pmb.poltekba.ac.id/unduhan);
l. untuk calon mahasiswa dari luar kota Balikpapan bisa mengirimkan berkas melalui pos (Cap Pos Maksimal 1 Minggu Setelah Finalisasi data peserta);

1. Perkuliahan semester ganjil Tahun Akademik 2025/2026 dimulai sesuai kalender akademik Politeknik Negeri Balikpapan Tahun Akademik 2025;
2. Biaya selama menempuh pendidikan di Politeknik Negeri Balikpapan yaitu :
a. Bidang Rekayasa Diploma Tiga (Prodi Alat Berat, Teknik Elektronika, Teknik Sipil, dan Teknologi Listrik):

b. Bidang Rekayasa Sarjana Terapan (Prodi Teknologi Rekayasa Manufaktur dan Teknologi Rekayasa Konstrusi Jalan dan Jembatan):

c. Bidang Tata Niaga Sarjana Terapan (Prodi Akuntansi Perpajakan, Perbankan dan Keuangan Digital Bisnis, dan Pengelolaan Perhotelan):

d. Bidang Tata Niaga Diploma Tiga (Program Studi Tata Boga):

3. Ketentuan Kelompok Uang Kuliah Tunggal (UKT)

Untuk mengetahui besaran Kelompok Uang Kuliah Tunggal (UKT) dan Iuran Pengembangan Institusi (IPI) di Politeknik Negeri Balikpapan selengkapnya klik disini