Sarjana Terapan (D4) Prodi Pengelolaan Perhotelan

Program Studi DIV Manajemen Perhotelan Politeknik Negeri Balikpapan memiliki keunggulan sebagai lembaga pendidikan vokasi yang berfokus menyediakan tenaga kerja terampil bidang perhotelan. Kemasan kurikulum bidang manajemen perhotelan diperkuat dengan penguatan core program studi yang meliputi penguatan kewirausahaan, digital, dan pengelolaan akomodasi berbasis lokal dan budaya. Selain itu, penerapan model job training selama dua semester di industri perhotelan juga merupakan keunggulan program studi. Model job training industri dua semester ini memuat job training untuk penguatan jenis pekerjaan operasional perhotelan (job training pertama) dan penguatan jenis pekerjaan manajerial perhotelan (job training kedua). Implementasi kegiatan belajar berbasis pengalaman nyata dalam bentuk praktikum dan teaching industry akan memperkuat profil lulusan Prodi DIV Manajemen Perhotelan di Politeknik Negeri Balikpapan.

Penyelanggaraan program job training akan difokuskan kepada Hospitality Management Studies berstandar Internasional dan mata kuliah kurikulum lokal. Sistem ini memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk mempraktekan kemampuannya di dunia perhotelan, kapal pesiar dan jasa pariwisata lainnya selama dua semester. Program kerja lapangan ini memiliki aspek positif lain yaitu merupakan titik awal untuk meniti karir dalam dunia pariwisata, di samping itu, pengalaman yang diperoleh selama praktek kerja lapangan merupakan modal bagi lulusan mahasiswa untuk mengembangkan pengetahuan dan pengalaman pada tingkat supervisi dan manajerial.

Aspek keunggulan lain yaitu mahasiswa dibekali dengan mata kuliah Human Character & Behaviour yang meletakan dasar kepribadian dan karakter yang baik serta program entrepreneurship yang memberikan pemahaman dan pengetahuan bagi mahasiswa untuk dapat membangun dan mengembangkan dunia usahanya sendiri dalam industri pariwisata. Sehingga lulusan program studi perhotelan diharapkan dapat bekerja di industri pariwisata, pemerintahan (Dinas Pariwisata) maupun membina usaha sendiri, menjadi entrepreneur sesuai dengan bidang dan kompetensinya serta dapat melanjutkan pendidikan ke jenjang lebih tinggi. Lulusan Program Studi DIV Manajemen Perhotelan Politeknik Negeri Balikpapan diharapkan dapat menekuni profesi pada industri HOREKA (Hotel, Restoran, Katering) ataupun wirausahawan. Posisi yang bisa ditempati lulusan  antara lain: Front Office Manager, Executif Housekeeper, Food and Beverages Outlet Manager, Chef De Party, Laundry Manager, Assistant Human Resources Manager, Assistant Financial and Accounting Manager, Assistant Marketing Manager, Asisten Manajer Revenue, dan Akademisi/Instruktur Laboratorium. Lulusan Program Studi DIV Manajemen Perhotelan diharapkan mampu mengelola operasional dan manajerial perhotelan yang mencakup bagian Food and Beverage Services, Food Production, Front Office, dan Housekeeping. Selain itu, para lulusan diharapkan mampu menjadi wirausahawan yang handal dalam menciptakan lapangan pekerjaan dibidang pelayanan dan pengelolaan perhotelan yang kini dan kedepan semakin dibutuhkan, seiring meningkatnya pertumbuhan pada sector perhotelan maupun pelayanan jasa wisata di industry pariwisata.

Profil Lulusan dan Deskripsi

Manajer operasional di hotel berskala menengah yang menguasai hotel management proses, menguasai hospitality quality management, menguasai pengetahuan tentang produk dan jasa yang ditawarkan, mempunyai kemampuan menganalisa kompetensi, mampu menangani situasi konflik, serta memiliki kemampuan menganalisas laporan keuangan dan penganggaran.

Manajer kantor depan (front office) yang mampu mengelola operasional front office hotel yang meliputi kemampuan perencanaan, mengorganisasikan, dan melakukan kontrol terhadap segala aktivitas dan pelaksanaan dalam lingkup departemen kantor depan (front office) hotel.

Manajer yang mampu mengelola kelancaran operasional department housekeeping yang meliputi kemampuan merencanakan, mengorganisasikan, dan melakukan kontrol terhadap segala aktivitas dan pelaksanaan dalam lingkup departemen Housekeeping terutama di kamar tamu dan public area.

Manajer yang menguasai secara teoritis dan praktis terkait prinsip pengelolaan departemen F&B (Food and Beverage), mampu mengatur pengelolaan sumber daya manusia, mengawasi pekerjaan yang terkait dengan segala aktivitas dan pelaksanaan dalam lingkup departemen F&B, mampu memastikan profit dari departemen yang dipimpinnya. 

Seseorang yang menguasai prinsip kerja secara teoritis dan praktis pada bagian dapu restoran atau hotel, mampu mengawasi setiap kegiatan di bagian yang menjadi tanggung jawabnya, melakukan koordinasi dan pembagian tugas kepada staf bawahannya, membuat permintaan barang (food request), mengawasi kegiatan produksi dan memastikannya selalu dalam standar yang telah ditentukan oleh perusahaan.

Seorang manajer yang menguasai dan mampu mengorganisir seluruh kegiatan maupun pelaksanaan kegiatan proses pencucian di laundry dan dry cleaning di hotel.

Asisten manajer yang mampu mengembangkan dan mengadministrasikan perencanaan dan prosedur kerja yang berhubungan dengan kegiatan SDM dalam perusahaan, mampu merencanakan, mengorganisasikan, dan melakukan kontrol terhadap segala aktivitas dan pelaksanaan dalam lingkup departemen SDM, mampu menyimpan dengan baik segala bentuk laporan dan catatan di lingkungan departemen SDM, mampu menetapkan standar produktivitas dan efisiensi kerja karyawan, serta dapat berkomunikasi aktif dengan seluruh karyawan setiap departemen.

Asisten manajer yang menguasai konsep teoritis dan praktik bidang akuntansi perhotelan secara mendalam, mampu mengaplikasikan konsep teoritis dan prinsip akuntansi perhotelan serta dapat memanfaatkan teknologi dalam penyelesaian masalah di bidang akuntansi dan keuangan, serta mampu mengambil keputusan keuangan yang tepat berdasarkan analisis informasi dan data akuntansi.

Asisten manajer yang menguasai konsep teori dan praktik pemasaran perhotelan baik secara umum maupun spesifik, mampu menerapkan konsep pemasaran perhotelan dengan memanfaatkan teknologi dalam membangun hubungan bisnis dan memaksimalkan produktivitas setiap akun, serta mampu mengambil keputusan strategi pemasaran perhotelan yang tepat berdasarkan analisis informasi dan data terintegrasi

Asisten manajer yang mampu memastikan SOP dan prosedur perusahaan berjalan dengan baik, mampu membuat laporan pendapatan, mampu melakukan control income dan memperkecil tingkat kesalahan dalam pembuatan laporan, mampu memberikan rekomendasi perbaikan atas temuan audit, mampu membuat laporan harian dan bulanan secara tepat, dan mampu melakukan analisa terhadap kenaikan dan penurunan income.

Seorang pengajar atau instruktur yang menguasai dan mampu menerapkan prinsip pengajaran diklat/pelatihan pada bidang pariwisata dan perhotelan, mampu menyusun rencana dan metode pengajaran diklat, melaksanakan dan mengevaluasi pengajaran diklat bidang pariwisata dan perhotelan.

Seorang pelaku bisnis yang mampu mengelola dan menjalankan bisnis pada bidang jasa layanan akomodasi, kuliner, dan laundry.

Akreditasi Prodi Pengelolaan Perhotelan adalah B. Lihat disini

 

Kunjungi Website Jurusan Pariwisata untuk mengetahui info lebih lengkap seputar Jurusan.